You need to enable javaScript to run this app.

Apa Saja yang Dipelajari di PKBM ?

  • Rabu, 17 Juli 2024
  • Administrator
Apa Saja yang Dipelajari di PKBM ?

Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) merupakan pendidikan nonformal yang dibentuk dari, oleh, dan untuk masyarakat. Lembaga tersebut berorientasi pada pemberdayaan potensi setempat untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan sikap masyarakat dalam bidang ekonomi, sosial dan budaya.

Pada dasarnya sistem PKBM dan Sekolah Formal sama. Mata pelajaran yang dipelajari pun sama seperti Mata Pelajaran Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, IPA, IPS dsb. Kurikulum yang dipelajari oleh PKBM mengikuti kebijakan Kementerian Pendidikan dan Dinas Pendidikan setempat. Selain pembelajaran utama (Pelajaran Umum), PKBM juga memberikan pembelajaran Life Skill kepada seluruh peserta didik. seperti memberikan pembelajaran Life Skill berupa Desain Grafis, Kewirausahaan dan Aplikasi Komputer. Life Skill ini diharapkan menjadi bekal Peserta Didik dalam menghadapi dunia kerja maupun dunia usaha. 

Dalam pembelajaran sehari-hari, Peserta Didik dapat belajar melalui e-learning yang telah di sediakan, e-Learning dirancang untuk membantu pembelajaran jarak jauh secara mandiri. Pembelajaran melalui e-Learning dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja. Melalui e-learning Peserta Didik dapat mengakses modul ajar, tugas dan pengumpulan penugasan dari Tutor untuk mengevaluasi pembelajaran dan menambah pengetahuan peserta didik.

Bagikan artikel ini:
Dr. JAJANG SUGIAT, SE., M.Pd., MM

- Ketua PKBM-

-

Berlangganan
Banner